Kopi Arabika Terbaik yang Wajib Dicoba!

Kopi Arabika – Sebagai warga negara Indonesia, sepatutnya Kita bangga karena negara Kita memilili banyak kopi house blend Jogja  yang kenikmatannya sudah diakui oleh dunia. Misalnya saja kopi arabika Aceh Gayo, Wamena, Toraja, dan lain-lain.

Saking banyaknya mungkin Anda bingung ketika akan memilih mana yang harus dicicipi terlebih dahulu. Ini menjadi hal yang wajar, mengingat jenis kopi yang dihasilkan sangat banyak dan juga karakteristiknya berbeda-beda. Berikut ini ada beberapa rekomendasi yang bisa kamu pilih.

  1. Kopi Wamena Dari Papua

Kopi Wamena merupakan kopi yang berasal dari ujung timur Indonesia. Kopi ini tumbuh di pegunungan Wamena, Papua. Kopi ini menjadi produk unggulan masyarakat setempat. Papua memang sudah terkenal dengan bentang alam yang menakjubkan, maka tak heran jika banyak wisatawan yang datang untuk berkunjung.

Kopi ini memiliki cita rasa yang unik. Aroma yang lebih cenderung spicy dan caramel, sedangkan rasa mengarah ke rasa nutty, orange, dan herbal. Biacara soal fisik, kopi Wamena memiliki body yang strong dan tingkat acidity yang medium, smooth, dan clean.

Penanamannya yang unik, kopi Wamena ditanam oleh petani tradisonal tidak menggunakan pupul organik atau kimia bahkan tidak menggunakan pestisida. Tidak heran jika kopi Wamena memiliki rasa yang unik. Sayangnya, kendala pendistribusian yang masih sulit memebuat kopi ini sedikit mahal.

  1. Kopi Malabar Dari Jawa Barat

Kopi Arabika Malabar adalah kopi tumbuh di perkebunan di kaki gunung Malabar, Bandung, Jawa Barat. Kopi ini menjadi salah satu kopi yang populer. Kopi ini juga memiliki keunikan yang membuatnya mampu bertahan dikancah internasional.

Karakteristik kopi Malabar adalah memiliki dua jenis rasa asam. Ada kopi Malabar yang tingkat asamnya tinggi ada juga yang sedang. Kopi ini didominasi warna coklat. Rasa yang melekat adalah rasa remapah dan sedikit manis di ujung lidah.

Cara pengolahan kopi Malabar supaya mendapatkan rasanya yang khas diperlukan ketelitian dan kemampuan dalam meracik kopi.

Kopi Malabar juga mempunyai banyak jenisnya yaitu Targetto Coffee Malabar, Moonsoned Malabar AA Coffee, Malabar Speciality Coffee, dan Arabika Java Pleanger Malabar Natural.

  1. Kopi Aceh Gayo, Aceh

Mungkin kopi yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Kopi Gayo dari Aceh ini memang bisa dikatakan kopi yang paling popular di dunia. Karakteristiknya sebenaranya sama dengan kopi Sumatera pada umumnya.

Kopi Gayo rasanya cenderung nutty dan buttery. Tingkat acidity rendah, kaya akan rasa manis, dan body yang dihasilkan medium. Rasa manis kopi ini disebabkan oleh metode pengeringan (dry process). Kopi Gayo memiliki aftertaste yang clean. Oleh karena itu kopi yang satu ini sering digunakan oleh cafe-cafe sebagai campuran untuk membuat houseblend coffee.

Rasa Kopi Arabika yang satu ini memang nikmat, sayangnya karakternya masih minim. Jika Anda sedang ingin merasakan kopi Gayo yang lebih nikmat. Anda bisa mencoba hopi houseblend dari Coday Coffee Lab & Roastery.

 

Share