Ina Herawati Rachman Berhati Mulia Membela Perempuan Tertindas

Ina Herawati Rachman – Hadirnya seorang perempuan tangguh akan memengaruhi kehidupan manusia. Bahkan, keberadaannya menjadikan inspirasi dalam setiap aktivitas yang dilakoninya. Ada satu sosok perempuan yang tak hanya memiliki karir paripurna. Melainkan juga berhati mulia karena membela kaum lemah yakni perempuan yang tertindas.

Dalam jajaran perempuan berpengaruh di Indonesia, nama Ina Rachman mencuat ke permukaan. Perempuan berprofesi sebagai lawyer ini memiliki banyak hal yang layak untuk diteladani oleh wanita masa kini. Belajar darinya, beberapa hal ini akan menuntun Anda menjadi wanita berhati mulia.

ina herawati rachman

Perempuan Pemberani

Memiliki hati yang baik bukan berarti seorang perempuan harus diam. Makhluk bernama wanita pun harus memiliki kekuatan untuk memperdengarkan suaranya ke publik. Nah, salah satu yang dilakukan oleh Ina adalah mendengungkan dengan sekeras-kerasnya suara perempuan.

Ia kerap menangani berbagai kasus perempuan yang mendapat ketidak adilan. Beberapa yang paling terkenal dan tersorot media adalah kasus Risty Tagor, Eddies Adellia, istri Ustadz Zakky Mirza, dan sebagainya.

Perempuan Indonesia juga harus memiliki sikap berani. Jangan biarkan ketakutan menghalangi. Jangan pernah lari dari situasi hidup yang membuat diri Anda merasa takut.

Tidak Bergantung, Mandiri

Tak hanya pemberani dan membela perempuan yang menerima ketidakadilan. Wanita dengan nama lengkap Ina Herawati Rachman ini juga merupakan sosok yang mandiri. Bahkan, kini ia telah menjadi founder dari kantor lawyer berskala Internasional. Perempuan pemberani ini juga merupakan senior advokat yang telah diakui kualitasnya.

Tentu saja achievement yang telah didapatkannya bukan tanpa usaha. Melainkan karena sifatnya yang tidak tergantung oleh orang lain. Perempuan mandiri tidak akan pernah menggantungkan hidup baik dari sisi finansial maupun mental dan emosional. Ina tidak mudah terpuruk hanya karena masalah yang dijalaninya.

Rajin Beribadah

Menjadi seseorang dengan karir cemerlang tidak akan pernah didapatkan oleh seseorang tanpa campur tangan Tuhan. Begitu juga dengan Ina. Perempuan ini tetap mengenakan jilbabnya meski telah menjadi managing director di perusahaan Maestro Patent International dan Ina Rachman-Mulyaharja & Associated Law Office.

Dengan percaya diri, ia masih melaksanakan syari’at agama Islam bagi perempuan untuk mengenakan jilbab. Ini juga harus menjadi motivasi bagi perempuan muslim. Bahwa jilbab dapat menjadi dorongan yang sempurna untuk berhasil melakukan profesi apapun. Entah di bidang hukum, sosial, budaya, politik, ekonomi, dan sebagainya.

Jilbab akan menjadi identitas bagi Muslimah sejati. Nah, untuk Anda yang non-muslim, tetap tekuni pekerjaan tanpa mengesampingkan apa yang telah digariskan oleh agama Anda.

Ina juga sosok yang rajin beribadah. Ketimbang melakukan traveling ke negara lain, ia lebih memilih kerap melakukan umrah ke Makkah dan Madinah. Padahal, secara finansial, tentu ia sangat mampu melakukan perjalanan ke berbagai negara lain.

Mengikuti Hati Nurani

Perempuan yang memiliki hati mulia pasti selalu kuat dan belajar akan sesuatu yang terjadi dalam hidupnya. Sehingga, pembelajaran itu akan menjadi prinsip yang tidak bisa dikendalikan oleh siapa pun. Ina pun demikian, pengalaman pahit di masa lalu justru semakin memperkuatnya.

Meskipun dalam berumah tangga, Ina pernah gagal dua kali. Ia pun pernah mengalami penindasan dalam rumah tangganya. Hal ini tidak menjadikannya lemah. Ia justru bangkit dan membela perempuan yang memiliki nasib sama.

Beberapa kali menangani kasus serupa membuat perempuan ini dijuluki lawyer spesialis wanita tertindas. Kedekatan emosional semakin membuatnya bersemangat membela para perempuan. Meski begitu, keahliannya dalam hukum tak perlu diragukan lagi. Ia juga menangani berbagai kasus seperti kriminal, perusahaan, kepailitan, kesehatan, dan sebagainya.

Tak heran jika saat ini ia tergabung dalam Himpunan Advokat Indonesia (HAPI) dan juga anggota dari KAI atau Indonesian Advocate Congress. Ia berhasil mengubah nasib hidupnya menjadi lebih baik meski kenyataan hidup berulang kali membuatnya jatuh.

Perempuan Indonesia, seperti apapun keadaan hidupmu saat ini adalah sebuah pembelajaran. Supaya di masa depan Anda bisa menjadi orang yang lebih peduli pada sesama. Membela kaum yang lemah. Sebab, kekuatan didapat dari berbagai tempaan hidup.

Belajar dari sosok Ina Rachman, Anda harus bangkit. Berjuang untuk lebih berani, dekat dengan Tuhan, dan mengikuti hati nurani. Sehingga, Anda menjadi perempuan berhati mulia dan bermanfaat untuk sesama.

Share