Contoh Id Card Barcode, Jenis dan Cara Membuatnya

Id card atau kartu identitas adalah sebuah kartu yang berisi data penting dari pemilik kartu tersebut. Dulu kebanyakan kartu identitas terbuat dari kertas sederhana yang mencantumkan data penting pemiliknya. Dengan majunya teknologi, kartu identitas modern sudah semakin canggih. Dalam kesempatan ini kita akan bahas tentang contoh Id card Jogja barcode, jenis dan cara membuatnya.

Keberadaan teknologi canggih berpengaruh besar terhadap keberadaan id card itu sendiri. Id card modern tidak terbuat dari kertas lagi, tetapi sudah menggunakan bahan bahan yang lebih bermutu sehingga id card tampak lebih bagus dan tahan lama. Selain itu kita juga bisa memasukan aneka data ke dalam id card dengan menggunakan barcode yang canggih.

Perusahaan pencetak kartu id profesional seperti SiapCetak.in bisa membuat kartu id dengan barcode yang bisa menampung banyak informasi penting dalam kartu yang dibuatnya. Keberadaan id card dengan barcode tentunya memberi banyak manfaat bagi sebuah perusahaan atau organisasi besar yang memiliki banyak karyawan atau anggota.

Jenis Barcode Dan Fungsinya

Bila memperhatikan contoh id card barcode dengan seksama, anda akan menemukan dua jenis barcode yang berbeda. Perbedaan ini bisa dilihat dari bentuk barcode itu sendiri. Secara umum barcode yang ada pada sebuah id card dibagi menjadi dua yaitu:

  • 1D linear barcode atau barcode satu dimensi. Barcode satu dimensi memiliki bentuk barcode yang lebih sederhana. Barcode tersebut memiliki banyak garis tegak lurus menyamping dengan ketebalan garis yang berbeda.
  • 2D matrix barcode atau barcode 2 dimensi. Barcode jenis ini biasanya berupa kotak persegi empat dengan garis kecil berkelok tak beraturan di dalamnya.

Jika memperhatikan dua jenis contoh id card barcode dan membandingkanya, anda akan bisa langsung membedakan bentuk dan tampilan dari masing masing barcode. Meski bentuknya sangat berbeda kedua jenis barcode tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu menyimpan berbagai jenis data penting dari pemilik kartu yang bersangkutan.

Cara Membuat Id Card Yang Memiliki Barcode

Ada banyak percetakan yang siap membantu anda membuat id card dengan barcodenya. Anda harus mencari perusahaan percetakan yang profesional. SiapCetak.in adalah sebuah perusahaan percetakan yang berbasis di kota Jogja. Perusahaan yang satu ini menjadi rujukan bagi banyak perusahaan besar yang ingin membuat id card barcode untuk karyawannya.

SiapCetak.in memiliki peralatan percetakan terbaru yang cangih. Selain itu perusahaan percetakan ini memiliki banyak pelanggan besar yang loyal dab memiliki tenaga-tenaga ahli yang terampil di bidangnya.

Membuat id card barcode di SiapCetak.in bisa dilakukan dengan mudah. Berikut adalah 3 langkah cepat untuk membuat id card barcode:

  1. Langkah pertama anda harus menyiapkan desain master id card yang biasanya dalam format adobe illustrator (*Al), Photoshop (*PSD) atau Corel draw (*CDR). Anda cukup membuat satu desain master saja dengan depan dan bagian belakang.
  2. Selanjutnya anda tinggal menyiapkan data data yang harus di input ke dalam id card. Data bisa disimpan dalam bentuk file Excel
  3. Langkah terakhir adalah menghubungi SiapCetak.in agar pesan id card anda cepat diproses.

Demikian pembahasan mengenai contoh id card barcode, jenis dan cara membuatnya. Bila menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan bagikan melalui media sosial anda agar banyak orang lain yang mendapatkan manfaat dari artikel ini.

Share