10 Pertanyaan Yang Perlu Dijawab Sebelum Merintis Perusahaan

Sebelum membuka usaha perencanaan atau persiapan itu perlu sekali dilakukan sebab jika tidak direncanakan dulu maka sulit untuk menjalankan usaha tersebut. Biarpun sudah direncanakan juga kadang tidak sesuai dengan apa yang direncanakan sebelumnya karena dalam bisnis itu tidak dapat diperhitungkan sukses atau tidaknya. Calon pengusaha juga harus punya mental yang kuat karena halangan dan rintangan itu sudah menjadi makanan sehari-hari, jika mental calon pengusaha tidak kuat maka mudah menyerah menjalankan bisnisnya. Jadi pikirkan baik-baik jika memang ingin terjun ke dunia bisnis apakah sudah siap atau belum, selain itu juga harus memahami beberapa pertanyaan yang akan muncul jika mau berbisnis. Jika calon pengusaha sudah dapat menjawab pertanyaan berikut ini maka dipastikan sudah siap menjadi seorang pebisnis hebat.

Sudahkah Yakin Jadi Ingin Entrepreneur?

Saat mau menjalankan bisnis perlu sekali punya niat yang besar jika hanya menjalankannya untuk senang-senang saja atau malah hanya untuk pengisi waktu luang maka jangan dilakukan. Karena ini hanya akan menjadi beban saja sebab jika tidak dijalankan dengan benar maka menjadi penyakit. Jika memang sudah nyaman menjadi karyawan sebaiknya jalani saja tetapi jika memang mau maju sebaiknya jalani bisnis saja.

Sudahkah Punya Pengalaman Membuat Perusahaan?

Akan lebih bagus jika mau membuka perusahaan atau bisnis itu sudah mempunyai pengalaman, karena bisnis tidak bisa dijalankan jika calon pengusaha tidak punya pengalaman. Karena jika tetap dijalankan membuat bisnis tersebut menimbulkan kerugian, jadi jika memang tidak ada pengalaman maka cari pengalaman dulu. Pengalaman ini bisa didapatkan dengan bertanya kepada pengusaha yang sudah memulai usaha lebih dulu.

Apakah Sudah Paham Dengan Bisnis Yang Mau Dirintis?

Banyak sekali hal yang perlu dipelajari jika menjalankan bisnis bukan saja harus paham dengan bidang bisnisnya tetapi juga harus punya keahlian menjalankan bisnis tersebut. Karena bisnis tidak akan maju jika pelaku bisnis tersebut tidak punya kemampuan, sebab kemampuan inilah yang akan mendukung bisnis supaya bisa maju.

Berapa Banyak Orang Yang Paham Dengan Bisnis Tersebut?

Jika merintis bisnis pastinya akan sangat butuh konsumen karena yang menjadi sumber pendapatan pengusaha adalah konsumen tersebut. Jadi bisa dikatakan kalau membuka usaha itu harus mencari tahu bisnis ini kira-kira banyak yang kenal atau berminat, jika yang berminat dengan bisnis tersebut maka bisnis ini bagus untuk dijalankan.

Bisakah Bisnis Tersebut Berjalan Dengan Benar?

Saat membuka bisnis itu harus bisa melihat juga apakah bisnis tersebut ada peluang untuk maju, sebab jika hanya menjalankan saja tanpa tahu maju atau tidak sama saja membuang uang. Jika memang ada kemungkinan untuk maju sebaiknya saat menjalankan usaha harus dengan sangat baik dan jangan sampai melenceng dari rencana yang telah dibuat.

Apa Tujuan Mendirikan Bisnis Tersebut?

Dalam menjalani kehidupan pasti punya tujuan akhir, begitu juga dengan menjalankan usaha harus ada tujuan juga. Jadi bukan sekedar menjalankan saja tanpa ada arah tujuan, karena ini tidak akan membuat pengusaha termotivasi untuk melakukan bisnis tersebut. Jadi tentukan dulu tujuannya saat akan memulai usaha tersebut, tujuannya itu sudah pasti ingin sukses bisnisnya.

Apakah Mampu Menghadapi Kesulitan Saat Berbisnis?

Semua keputusan yang diambil pasti ada resikonya begitu pula jika memutuskan untuk berbisnis pasti nanti ada permasalahan dan kesulitan saat proses menjalankan bisnis tersebut. Pengusaha harus bisa melampaui rintangan dan juga harus dapat menyelesaikan kesulitan karena jika tidak bisnis akan tetap sama seperti waktu memulainya dan tidak pernah maju.

Bekerja Sendiri Atau Bekerja Sama Menjalankan Bisnisnya?

Jika menjalankan bisnisnya seorang diri pasti keuntungannya besar sekali karena tidak dibagi dengan orang lain, tetapi sulit juga karena nantinya pekerjaan jadi banyak dan menumpuk. Jadi lebih baik untuk pertama sebaiknya bekerja sama dengan yang sudah berpengalaman jadi saat mendapatkan masalah ada yang akan memberikan bantuan.

Apakah Sudah Memperhitungkan Pendapatannya?

Tujuan berbisnis jelas mencari keuntungan, tetapi apakah keuntungan tersebut lebih besar dari gaji yang didapatkan sebelum berbisnis. Jika pendapatan itu lebih kecil dari pada gaji sebaiknya tekuni saja pekerjaannya karena ada kemungkinan bisa naik jabatan dan naik gaji. Tetapi jika sudah bosan dengan rutinitas bekerja dan ingin mandiri maka jalankan bisnis saja.

Apakah Sudah Punya Modal?

Semua usaha pasti ada modalnya baik modal tersebut bentuknya uang atau bentuknya barang, tetapi ada juga yang tidak berbentuk karena usahanya adalah menjual jasa. Jika memang membutuhkan modal uang sebaiknya jangan meminjam dari perusahaan pembiayaan karena dipastikan sulit mendapatkan untungnya karena keuntungan ini digunakan membayar angsuran. Jadi sebaiknya modalnya miliki sendiri bukan dari pinjaman, karena jika memakai uang sendiri jadi bisa lebih berhati-hati saat menggunakannya dan jika untung rasanya sangat memuaskan.

Share